SOAL DAN JAWAB SEPUTAR INTERAKSI
MANUSIA DAN KOMPUTER
- Apa yang dibutuhkan agar Interaksi Manusia dan Komputer dapat berjalan dengan baik?
Jawab : Interaksi Manusia dan Komputer akan berjalan baik apabila didukung
dengan peralatan yang memadai seperti
dalam mendasain interface seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau
didengar tetapi juga mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengatahui system computer dan harus
dibuat terintegasi keseluruh system layout, tampilan dan navigasi layar system
akan memberikan efek bagi pengguna melalui banyak cara. Jika hal tersebut rumit
dan tidak efesen, maka pengguna akan kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan
mereka dan relative melakukuan banyak kesalahan.
- Berikan contoh akibat buruknya perancangan suatu interface
Jawab : Ketika pilihan ‘save’ dan ‘delete’ diklafikasikan sebagai ‘operasi
file’ dan berada dalam satu kelompok yang sama. Jika user kurang teleti atau
tidak sengaja terpilih ‘delete’ padahal yang dimaksud adalah save.
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
- Skill
acquisition
- Pola
perilaku kasual
- Psikologi
& desain sistem interaktif
Jawab : - Skill acquisition
Manusia
dapat memperoleh keahlian dari bidang tertentu secara bertahap. Kita dapat
memahami bagaimana keahlian didapatkan dan bekerja dengan melihat perbedaan
antara perilaku seorang awan dan ahli.
Salah satu model
perolehan keahlian (skill acquisition) adalah ACT yang dikemukakan oleh
Anderson. ACT mengidentifikasi tiga level dasar keahlian :Pemula menggunakan
aturan umum (general-purposes rules) yang menginterpretasikan fakta mengenai
tugas / masalah. Proses ini berjalan lambat dan membutuhkan pengaksesan memori
Kemudian dia membangun aturan spesifik untuk menyelesaikan tugas / masalah.
Aturan kemudian diadaptasi untuk meningkatkan kinerja/hasil.
-
Pola
Perilaku Manusia
Pola Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari
manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain :
berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan
sebagainya. Jadi kita dapat simpulkan bahwa yang dimaksud pola perilaku manusia
adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung,
maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar
- Psikologi
dan Desain Sistem Interaktif
Cara kita mengaplikasikan apa yang telah
kita pelajari untuk mendesain system interaktif dengan cara menyajikan
informasi detail dalam warna biru karena biru sulit untuk diterima oleh user.
Pada kebanyakan kasus pengimplementasiannya tidak mudah. Dalam mendesain system
yamg interaktif kita tidak bisa sembarangan, tetapi harus juga melihat dari
ilmu psikologi karena berhubungan dengan prilaku manusia. Agar dapat
mengaplikasikan aspek psikologi dan memberikan hasil yang baik maka kita perlu
memiliki pemahaman dalam bidang psikologi, detail dari eksperimen, pengukuran
yang digunakan dan subjek yang terlibat. Dan bagusnya prinsip serta hasil
penelitian dalam bidang psikologi yang berkaitan dengan perancangan system
interaksi telah dibentuk menjadi panduan, model untuk membantu perancangan,
serta teknik evaluasi.
- Bagaimana Pendapat anda mengenai warna dalam Interaksi Manusia dan Komputer? Jelasan!
Jawab : Dalam
penggunaan warna untuk IMK, harus memperhatikan beberapa aspek
a. Aspek
Psikologi
Hindari penggunaan warna tajam (cyan,
biru, merah) secara simultan yang menyebabkan mata menjadi lelah.
Pengaturan cahaya didalam ruangan
diperlukan karena warna akan berubah ketika cahaya berubah.
b. Aspek
Persepsi
Warna dapat meningkatkan interaksi jika
mengikuti prinsip dasar dari penglihatan manusia.
Secara umum latar belakang dengan warna
gelap akan memberikan kenampakan yang lebih baik dibanding warna yang lebih
cerah
c. Aspek
Kognitif
Penggunaan warna bertujuan untuk menarik
perhatian atau pengelompokan informasi, sehingga tidak perlu menggunakan warna
yang berlebihan
- Mengapa manusia begitu penting dalam interaksi manusia dan komputer ?
Jawab : Karena
manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi
suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil
keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu
menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu
dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda. Manusia
dalam IMK dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
• Informasi diterima dan ditanggapi
melalui saluran i-o (indera).
• Informasi disimpan dalam ingatan
(memori).
• Informasi diproses dan diaplikasikan
dalam berbagai cara. Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari
pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut
Contoh : dalam dunia komputer
sistem itu sangat penting jadi sistem itu lah yang mengatur semua hal atau
komponen yang ada pada komputer tersebut.
- Apa yang dimaksud dengan Model Human Processor menurut Card, Moran & Newell ?
Jawab : Model
Human Processor (MHP)
Dari Card, Moran, dan Newell (1980an)
menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi : memperkirakan kinerja
sebuah model prosedural : user belajar untuk mempergunakan produk dengan
membuat aturan dalam penggunaannya dan 'menjalankan' model mental ketika
berinteraksi dengan sistem.
Komponen MHP:
• kumpulan memori dan pemrosesan bersama
• kumpulan Prinsip Operasi
• model diskrit dan berurutan
• setiap tahapan mempunyai karakteristik
waktu (tambahkan waktu tiap tahapan untuk memperoleh total waktu kerja)
1983, Card, Moran dan Newell membuat
Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
Sistem
Persepsi : menangani
sensor dari luar
Sistem
Motor :
mengontrol aksi/respon
Sistem
Kognitif : memproses hubungan
keduanya.
Masing-masing sub sistem ini mempunyai
memori dan prosesor yang berbeda-beda, begitu pula dalam hal kompleksitasnya
- Dalam perancangan antarmuka pemakai (user interface), apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user ?
Jawab : a.
Ahli dan tahu secara detil kegunaan software
b. Membutuhkan
respon cepat
c. Memerlukan
perintah makro
d. Menu dibuat
rungkas dan cepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar