Jumat, 09 Maret 2018

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER





SOAL DAN JAWAB SEPUTAR INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER



  •       Apa yang dibutuhkan agar Interaksi Manusia dan Komputer dapat berjalan dengan baik?

Jawab  :  Interaksi Manusia dan Komputer akan berjalan baik apabila didukung dengan peralatan  yang memadai seperti dalam mendasain interface seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar tetapi juga mencakup konsep, kebutuhan user  untuk mengatahui system computer dan harus dibuat terintegasi keseluruh system layout, tampilan dan navigasi layar system akan memberikan efek bagi pengguna melalui banyak cara. Jika hal tersebut rumit dan tidak efesen, maka pengguna akan kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan mereka dan relative melakukuan banyak kesalahan.

  •        Berikan contoh akibat buruknya perancangan suatu interface

Jawab  :  Ketika pilihan ‘save’ dan ‘delete’ diklafikasikan sebagai ‘operasi file’ dan berada dalam satu kelompok yang sama. Jika user kurang teleti atau tidak sengaja terpilih ‘delete’ padahal yang dimaksud adalah save.
  •       Jelaskan apa yang dimaksud dengan:

-          Skill acquisition
-          Pola perilaku kasual
-          Psikologi & desain sistem interaktif

            Jawab  :      Skill acquisition 
  Manusia dapat memperoleh keahlian dari bidang tertentu secara bertahap. Kita dapat memahami bagaimana keahlian didapatkan dan bekerja dengan melihat perbedaan antara perilaku seorang awan dan ahli.
Salah satu model perolehan keahlian (skill acquisition) adalah ACT yang dikemukakan oleh Anderson. ACT mengidentifikasi tiga level dasar keahlian :Pemula menggunakan aturan umum (general-purposes rules) yang menginterpretasikan fakta mengenai tugas / masalah. Proses ini berjalan lambat dan membutuhkan pengaksesan memori Kemudian dia membangun aturan spesifik untuk menyelesaikan tugas / masalah. Aturan kemudian diadaptasi untuk meningkatkan kinerja/hasil.

-          Pola Perilaku Manusia
Pola Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya. Jadi kita dapat simpulkan bahwa yang dimaksud pola perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar

-     Psikologi dan Desain Sistem Interaktif
Cara kita mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari untuk mendesain system interaktif dengan cara menyajikan informasi detail dalam warna biru karena biru sulit untuk diterima oleh user. Pada kebanyakan kasus pengimplementasiannya tidak mudah. Dalam mendesain system yamg interaktif kita tidak bisa sembarangan, tetapi harus juga melihat dari ilmu psikologi karena berhubungan dengan prilaku manusia. Agar dapat mengaplikasikan aspek psikologi dan memberikan hasil yang baik maka kita perlu memiliki pemahaman dalam bidang psikologi, detail dari eksperimen, pengukuran yang digunakan dan subjek yang terlibat. Dan bagusnya prinsip serta hasil penelitian dalam bidang psikologi yang berkaitan dengan perancangan system interaksi telah dibentuk menjadi panduan, model untuk membantu perancangan, serta teknik evaluasi.

  •      Bagaimana Pendapat anda mengenai warna dalam Interaksi Manusia dan Komputer? Jelasan!

Jawab  :  Dalam penggunaan warna untuk IMK, harus memperhatikan beberapa aspek
a.       Aspek Psikologi
Hindari penggunaan warna tajam (cyan, biru, merah) secara simultan yang menyebabkan mata menjadi lelah.
Pengaturan cahaya didalam ruangan diperlukan karena warna akan berubah ketika cahaya berubah.

b.      Aspek Persepsi
Warna dapat meningkatkan interaksi jika mengikuti prinsip dasar dari penglihatan manusia.
Secara umum latar belakang dengan warna gelap akan memberikan kenampakan yang lebih baik dibanding warna yang lebih cerah

c.       Aspek Kognitif
Penggunaan warna bertujuan untuk menarik perhatian atau pengelompokan informasi, sehingga tidak perlu menggunakan warna yang berlebihan


  •      Mengapa manusia begitu penting dalam interaksi manusia dan komputer ?

Jawab  : Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda. Manusia dalam IMK dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
• Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran i-o (indera).
• Informasi disimpan dalam ingatan (memori).
• Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara. Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut
 Contoh : dalam dunia komputer sistem itu sangat penting jadi sistem itu lah yang mengatur semua hal atau komponen yang ada pada komputer tersebut.

  •   Apa yang dimaksud dengan Model Human Processor menurut Card, Moran & Newell ?

Jawab  :  Model Human Processor (MHP)
Dari Card, Moran, dan Newell (1980an) menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi : memperkirakan kinerja sebuah model prosedural : user belajar untuk mempergunakan produk dengan membuat aturan dalam penggunaannya dan 'menjalankan' model mental ketika berinteraksi dengan sistem.
Komponen MHP:
• kumpulan memori dan pemrosesan bersama
• kumpulan Prinsip Operasi
• model diskrit dan berurutan
• setiap tahapan mempunyai karakteristik waktu (tambahkan waktu tiap tahapan untuk memperoleh total waktu kerja)
1983, Card, Moran dan Newell membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
 Sistem Persepsi          : menangani sensor dari luar
 Sistem Motor             : mengontrol aksi/respon
 Sistem Kognitif         : memproses hubungan keduanya.
Masing-masing sub sistem ini mempunyai memori dan prosesor yang berbeda-beda, begitu pula dalam hal kompleksitasnya

  •       Dalam perancangan antarmuka pemakai (user interface), apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user ?

Jawab  :  a. Ahli dan tahu secara detil kegunaan software
b. Membutuhkan respon cepat
c. Memerlukan perintah makro
d. Menu dibuat rungkas dan cepat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMPAT WISATA SIVALENTA

MENIKMATI ALAM BUKAN BERARTI MENGOTORI ALAM