SOAL
DAN JAWAB
BAB
XIII
AUDIO DAN AGENT
1. Apa
perbedaan audio dan agent pada interaksi manusia dan computer ?
Jawab :
ü AUDIO Dalam bidang komunikasi, istilah
media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media
komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan
masyarakat.
ü Agents adalah segala sesuatu yang
dapat melihat/ mengartikan/ mengetahui (perceiving) linkungannya melalui alat
sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat aktuator (actuators)
2. Menurut
anda apakah pengenalan audio dan agent yang diterapkan dalam tampilan
interface, sudah sukses? Berikan penjelasan.
Jawab :
Sudah karena keduanya saling melengkapi dan sangat
dibutuhkan oleh user yang menggunakannya, contohnya stasiun televisi di
indonesia.
BAB
IV
SISTEM
BERSENSOR GANDA
1. Jelaskan
apa yang dimaksud teks, hiperteks, hypermedia, hydomis. Beserta contohnya.
Jawab
:
·
Text
adalah suatu text yang memberikan suatu informasi dan tidak menggunakan proses
formatting text khusus yang biasanya menjelaskan bagaimana suatu program
berjalan, lalu memberi bimbingan pada user dalam menjalankan suatu navigasi
tertentu.
Contoh : terdiri dari huruf, kata,
kalimat, hingga paragraph
·
Hypertext
adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang nge-link ke
informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat
dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda
Contoh : web menggunakan html
·
Hypermedia : Hypermedia
adalah media yang tidak hanya memuat teks saja, namun juga foto, audio dan
video dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.
Contoh : majalah digital atau
berita pada situs web tertentu
·
HyDoMiS (Hyperdocument Meta-information
System)
Perkembangan
teknologi jaringan komputer mengharuskan organisasi untuk membangun dokumen
hypermedia yang bertujuan bisnis, pendidikan maupun sosial. Dokumen-dokumen
yang dimasukkan ke dalam kategori hypermedia disebut dengan hiperdokumen
(hyperdocument) karena dokumen tersebut berada di dunia hiper.Metadata secara
umum dikenal dengan data tentang data atau informasi tentang informasi
Contoh:
<html>
<head>
<meta
name="GENERATOR" content="Microsoft FrontPage 5.0">
<meta
name="ProgId" content="FrontPage.Editor.Document">
<meta
http-equiv="Content-Type" content="text/html;
charset=windows-1252">
<title>New
Page 1</title>
</head>
<body>
</body>
</html>
2. Apa
fungsi dari pengenalan gerak, computer vision, aplikasi sistem multimedia serta
realitas virtual dan berikan contoh masing-masing.
Jawab
:
·
sistem pengenalan
gerak
Fungsi
dari sistem pengenalan gerak adalah untuk mekukan pergerakan mengontrol
komputer. Contohnya, teknologi vision system
·
computer vision
Sistem
visi yang baik memungkinkan komputer mengenali user dan membentuk system yang
sesuai permintaan. Contoh : Salah satu aplikasi komputer visi adalah Argus.
Argus adalah salah satu aplikasi dari komputer visi yang berfungsi sebagai
penjaga pintu digital. Argus bekerja sama dengan mendeteksi wajah para tamu dan
mencocokkannya dengan data yang ada. Argus bekerja secara otomatis. Jika wajah
yang akan memasuki pintu tidak dikenal maka pintu tidak akan terbuka, kecuali
sistem keamanan telah diberi perintah terlebih dahulu. Argus biasanya dipakai
pada kantor-kantor atau apartemen mewah.
·
aplikasi sistem multimedia
Untuk
user yang mengalami gangguan bicara dan pandangan, system multi-media
menyediakan beberapa alat komunikasi, termasuk synthetic speech dan komunikasi
berdasarkan teks dan system konferensi. Speech input dan output merupakan salah
satu pilihan bagi yang tidak mengalami gangguan bicara. Contoh : Eyegaze yang
mengikuti gerakan mata untuk mengontrol kursor atau driver keyboard yang
dipasang di kepala user. Gerakan iayarat dan movement tracking dapat digunakan
oleh user sebagai alat kontrol.
·
realitas virtual
Realitas virtual (virtual reality) berhubungan dengan
simulasi yang diciptakan komputer atas suatu situasi di mana user seolah-olah
berada dalam situasi itu.Sebagai input digunakan sarung tangan
yang dapat memberikan informasi berdasarkan gerak. Umpan balik dapat disertakan
ke dalam sarung tangan tersebut sehingga user seolah-olah dapat merasakan
hentakan ketika menggenggam sesuatu objek. Contoh : Permainan 3 dimensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar