Jumat, 22 Juni 2018

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


SOAL DAN JAWAB

BAB XIII
AUDIO DAN AGENT


1.      Apa perbedaan audio dan agent pada interaksi manusia dan computer ?
Jawab :
ü  AUDIO Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. 
ü  Agents adalah segala sesuatu yang dapat melihat/ mengartikan/ mengetahui (perceiving) linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat aktuator (actuators)

2.      Menurut anda apakah pengenalan audio dan agent yang diterapkan dalam tampilan interface, sudah sukses? Berikan penjelasan.
Jawab :
Sudah karena keduanya saling melengkapi dan sangat dibutuhkan oleh user yang menggunakannya, contohnya stasiun televisi di indonesia.



BAB IV
SISTEM BERSENSOR GANDA

1.      Jelaskan apa yang dimaksud teks, hiperteks, hypermedia, hydomis. Beserta contohnya.
Jawab :
·         Text adalah suatu text yang memberikan suatu informasi dan tidak menggunakan proses formatting text khusus yang biasanya menjelaskan bagaimana suatu program berjalan, lalu memberi bimbingan pada user dalam menjalankan suatu navigasi tertentu.
Contoh : terdiri dari huruf, kata, kalimat, hingga paragraph
·         Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda
Contoh : web menggunakan html
·         Hypermedia : Hypermedia adalah media yang tidak hanya memuat teks saja, namun juga foto, audio dan video dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.
Contoh : majalah digital atau berita pada situs web tertentu
·         HyDoMiS (Hyperdocument Meta-information System)
Perkembangan teknologi jaringan komputer mengharuskan organisasi untuk membangun dokumen hypermedia yang bertujuan bisnis, pendidikan maupun sosial. Dokumen-dokumen yang dimasukkan ke dalam kategori hypermedia disebut dengan hiperdokumen (hyperdocument) karena dokumen tersebut berada di dunia hiper.Metadata secara umum dikenal dengan data tentang data atau informasi tentang informasi
Contoh:
<html>
<head>
<meta name="GENERATOR" content="Microsoft FrontPage 5.0">
<meta name="ProgId" content="FrontPage.Editor.Document">
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=windows-1252">
<title>New Page 1</title>
</head>
<body>
</body>
</html>

2.      Apa fungsi dari pengenalan gerak, computer vision, aplikasi sistem multimedia serta realitas virtual dan berikan contoh masing-masing.
Jawab :
·         sistem pengenalan gerak         
Fungsi dari sistem pengenalan gerak adalah untuk mekukan pergerakan mengontrol komputer. Contohnya, teknologi vision system
·         computer vision
Sistem visi yang baik memungkinkan komputer mengenali user dan membentuk system yang sesuai permintaan. Contoh : Salah satu aplikasi komputer visi adalah Argus. Argus adalah salah satu aplikasi dari komputer visi yang berfungsi sebagai penjaga pintu digital. Argus bekerja sama dengan mendeteksi wajah para tamu dan mencocokkannya dengan data yang ada. Argus bekerja secara otomatis. Jika wajah yang akan memasuki pintu tidak dikenal maka pintu tidak akan terbuka, kecuali sistem keamanan telah diberi perintah terlebih dahulu. Argus biasanya dipakai pada kantor-kantor atau apartemen mewah.
·         aplikasi sistem multimedia
Untuk user yang mengalami gangguan bicara dan pandangan, system multi-media menyediakan beberapa alat komunikasi, termasuk synthetic speech dan komunikasi berdasarkan teks dan system konferensi. Speech input dan output merupakan salah satu pilihan bagi yang tidak mengalami gangguan bicara. Contoh : Eyegaze yang mengikuti gerakan mata untuk mengontrol kursor atau driver keyboard yang dipasang di kepala user. Gerakan iayarat dan movement tracking dapat digunakan oleh user sebagai alat kontrol.
·         realitas virtual
Realitas virtual (virtual reality) berhubungan dengan simulasi yang diciptakan komputer atas suatu situasi di mana user seolah-olah berada dalam situasi itu.Sebagai input digunakan sarung tangan yang dapat memberikan informasi berdasarkan gerak. Umpan balik dapat disertakan ke dalam sarung tangan tersebut sehingga user seolah-olah dapat merasakan hentakan ketika menggenggam sesuatu objek. Contoh : Permainan 3 dimensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMPAT WISATA SIVALENTA

MENIKMATI ALAM BUKAN BERARTI MENGOTORI ALAM