SOAL
DAN JAWAB
BAB
XI
COMPUTER-SUPPORTED
COOPERATIVE
WORK ((GROUPWARE)
1.
Apa
yang di maksud dengan Computer - Supported Cooperative Work dan Groupware ?
Jawab :
Computer-Supported Cooperative Work
(CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi
teknologi baru untuk mendukung kerja kelompok. Hasil dari CSCW adalah
groupware. Sehingga groupware merupakan jenis software yang mendukung kerja
kelompok (workgroup) yang terhubung ke jaringan dengan kebutuhan bekerja sama.
2.
Sebutkan
kerangka kerja dan implementasi groupware!
Jawab :
Kerangka kerja yaitu :
·
Matriks
waktu dan ruang
·
Shared
informasi
·
Komunikasi
dan kerja
·
Awareness
(kesadaran)
Implementasi groupware yaitu
o Umpan balik dan
jeda dari jaringan
o Arsitektur
Groupware
o Feedthrough dan
Network Traffic
o Graphical
Toolkits
o Robustness dan
Skalabilitas
o Skala dan
pengujian
3.
Sebutkan
bagian - bagian dari Computer - Supported Cooperative Work!
Jawab :
·
Group ware
tempat yang sama(colocated) dan waktu yang sama (synchronous)
·
Group
ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang berbeda (asynchronous)
·
Group
ware tempat yang beda(remote) dan waktu yang sama(synchronous)
·
Group
ware tempat yang beda (remote) dan waktu yang beda
(asynchronous)
BAB XII
VISUALISASI
INFORMASI
1.
Apa
yang anda ketahui tentang visualisasi informasi dalam interaksi manusia dan
komputer?
Jawab :
Visualisasi informasi adalah suatu
metode penggunaan komputer untuk menemukan metode terbaik dalam menampilkan
data untuk mengingat informasi rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram,
grafik atau animasi untuk penampilan suatu informasi.
2.
Menurut
anda Bagaimana penerapan visualisasi informasi pada bidang- bidang berikut :
·
Pendidikan
(ilmu pengetahuan)
·
visualisasi
disain produk
·
multimedia
interaktif
jawab :
Pendidikan (ilmu pengetahuan)
·
Salah
satu contoh penerapan dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. Pendidikan yang
berbasis Teknologi Informasi memberikan banyak manfaat, antara lain:
·
Tidak
lagi tergantung pada ruang dan waktu. Artinya tidak ada halangan berarti untuk
melaksanakan kegiatan belajar mengajar lintas daerah, bahkan lintas negara
misalnya melalui e-learning.
·
Dengan
adanya e-learning, pengajar dan siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka
dalam ruang kelas pada waktu bersamaan.
·
Tidak
memerlukan biaya mahal. Seorang pelajar di daerah dapat belajar langsung dari
pakarnya di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara
dan bahkan gambar realtime.
·
Sekolah-sekolah
dapat dengan mudah melakukan kerjasama yang saling menguntungkan. Sekolah
yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga dapat
diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan.
visualisasi desain produk
Misalnya dalam
pembuatan desain logo, desain spanduk, dll
multimedia interaktif utorial
Multimedia
dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai
contoh perusahan menyediakan tutorial
yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar