SOAL DAN JAWAB
BAB 2
E-BUSINESS
1. Sebutkan
pengertian perbedaan dan persamaan serta contoh dari E-COMMERS, E-BUSINESS,
M-COMMERCE.
Jawab
:
·
E-commerce adalah kegiatan membeli atau menjual produk dan
layanan online atau melalui internet. Perdagangan elektronik menggunakan
teknologi seperti perdagangan seluler , transfer dana elektronik , manajemen rantai pasokan , pemasaran Internet , pemrosesan transaksi online , pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan , dan sistem pengumpulan data otomatis
·
E-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi
elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan
dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel.
·
M-Commerce (Mobile-Commerce, mCommerce) adalah sistem
perdagangan elektronik (e-Commerce) dengan
menggunakan peralatan portabel/mobile seperti: telepon genggam, telepon pintar,
PDA, notebook, dan lain lain.
2. Sebutkan
7 elemen pada E-BUSINESS beserta peranannya.
Jawab
:
·
Fokus.
Produk-produk
yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing
manajer produk.
·
Banner berupa teks,
Karena
respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner
berupa gambar.
·
Ciptakan 2 level afiliasi.
Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan
kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
·
Manfaatkan kekuatan e-mail.
E-mail
adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka
pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
·
Menulis artikel.
Kebanyakan
penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk
dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
Sediakan
sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
·
Komunikasi instan.
Terus
mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga
kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
3. Berikan
salah satu contoh tindak kejahatan pada transaksi didunia digital serta
bagaimana perlindungan hukumnya pada kasus tersebut.
Jawab
:
·
Kasus penipuan jual beli online . dengan membeli baju melalui online Biasa tidak
memberikan barang yang sesuai pembelian atau tidak memberikannya sama sekali.
Yang paling parah tentu saja barang yang sudah dibeli tidak dikirim. Atau bisa
saja barangnya dikirim tetapi ternyata rusak, tidak sesuai spesifikasi, barang
palsu, dan lain-lain.
·
Hukumnya yaitu :
pidana untuk kasus penipuan
yang terjadi oleh transaksi online telah diatur oleh Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan (UU No 7 2014)
Bab
3
SEARCH
ENGINE OTIMITIZATION (SEO)
1. Jelaskan
pengertian search engine serta berikan 3 contoh search engine
Jawab :
·
Search
Engine adalah suatu program komputer yang dibangun dengan rancangan
khusus untuk melakukan pencarian pada berkas-berkas yang tersimpan pada layanan
www, ftp, milis, dan group.
·
contoh search engine yaitu :
Ø Google (google.com)
Ø Bing (bing.com)
Ø Yahoo (yahoo.com)
2. Jelaskan
7 elemen utama dalam meraih sukses search engine optimization
Jawab
:
·
Content
Content
merupakan elemen terpenting. Mengapa demikian? karena tolak ukur baik buruknya
suatu website tergantung kontennya. Jika konten menarik dan berbobot, maka
secara tidak langsung akan banyak orang yang membuka website tersebut untuk
dijadikan referensi maupun untuk pembelajaran.
·
Design
Design
merupakan elemen kedua, dikarenakan saat seseorang membuka website design
adalah kesan utama yang akan dilihat oleh mata para pengguna, sekaligus
memberikan sugesti pada pemikiran mereka bahwa isi dari website ini akan
semenarik designnya.
·
HTML
HTML
atau dalam bahasa panjangnya Hyper Text Mark up Language merupakan bahasa markup
yang digunakan dalam membuat website. HTML juga merupakan struktur utama
pembentuk website dimana jika anda ingin mengupload, foto,video, maupun tabel
harus menggunakan bahasa dasar HTML.
·
Key
Word
Key
Word atau disebut juga kata kunci adalah elemen yang tak kalah penting. Hal ini
dikarenakan saat user melakukan searching dengan menggunakan search engine,
mereka akan menggunakan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, cermatlah dalam
memilih kata kunci. Gunakan kata kata yang bervariasi dan sering dipakai agar
lebih sering muncul saat user lain melakukan pencarian.
·
Back
Links
Peran Backlink disini tidak
dapat diremehkan, backlink dari segi SEO jelas sangat terlihat efeknya.
memiliki peranan yang besar, backlink menjadi nilai mahal dalam SEO. Google
juga mengatakan, bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebua
situs website mau pun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Apa
lagi, jenis backlink tersebut adalah jenis-jenis backlink yang di
rekomendasikan oleh google sendiri yang baik untuk Search engine. Tapi perlu
diingat bahwa ada pedoman khusus bagaimana Backlink yang baik dalam SEO.
·
Strategy
Tidak bisa dipungkiri lagi jika semua hal
didunia ini membutuhkan strategi dan rencana. Begitu pula dalam meraih sukses
SEO ini. Kita harus memiliki strategi untuk bukan hanya meraih SEO, namun juga
mempertahankan kesuksesan website kita. Strategi disini dimaksudkan bagaimana
kita tidak kalah dalam persaingan dengan website website lain. Misalnya dengan
menyesuaikan tema dengan konten yang akan dibahas dan memikirkan pula untuk
kemungkinan siapa saja yang akan membacanya. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
dalam keseluruhan kontennya, meng-update website sesering mungkin, dan lain
sebagainya.
·
Marketing
Marketing yang dimaksudkan disini adalah
sehubungan dengan iklan yang dipasang pada website. Terkadang, jika website
kita sudah berada di beberapa daftar teratas, maka akan ada pihak pihak yang
menawarkan kerja sama dalam bidang periklanan (untuk mengiklankan layanan,
barang, dan lain sebagainya) kita diminta untuk memasang iklan pada website
kita dan mereka akan membayar untuk itu baik dengan sistem pay per click, pay
per month, dan sebagainya.
3. Jelaskan
4 hal yang perlu diketahui mengenai SEO dan E-COMMERCE
Jawab
:
·
Merchandising
Merchandising adalah dasar dari bisnis retail apapun.
Mencari sumber produk, negosiasi margin, mengelola stok, menjaga hubungan baik
dengan supplier dan menyusun produk di website adalah pekerjaan-pekerjaan yang
terkait dengan merchandising.
·
Production
Setelah produk tersedia di gudang Anda,
tantangan selanjutnya adalah menampilkan produk-produk tersebut di
website. Production team biasanya menangani digital imaging,
menulis konten, dan mengkategorikan produk. Kedengarannya simple, namun
percayalah, banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan.Pada proses production, tujuannya
adalah untuk membuat produk Anda agar terlihat menarik di website. Anda harus
menentukan bagaimana Anda akan menampilkan produknya. Menentukan cara imaging
dan menulis konten sangat penting. Setelah itu, Anda perlu membuat sebuah
sistem utnuk mengorganisir peluncuran prouk Anda. Hal yang tidak diharapkan
untuk terjadi adalah mempunyai terlalu banyak produk dan menyebabkan production
team kesulitan menanganinya.
·
Marketing
Ini adalah jembatan antara website dan
pelanggan potensial Anda. Tantangan yang paling pertama adalah bagaimana
membuat orang-orang tahu tentang perusahaan Anda. Habiskanlah bulan-bulan
pertama Anda untuk mendapatkan sebanyak mungkin traffic. Jangan terlalu memikirkan
tingkat konversi ketika Anda masih pada tahap awal. Tingkat konversi dapat
diukur ketika Anda telah mempunyai jumlah traffic yang besar.
·
Customer
Service
Anda perlu memperhatikan bagaimana cara Anda
memperlakukan pelanggan Anda. Sebagai bisnis online, sangat penting untuk
membuka sebanyak mungkin saluran komunikasi dengan pelanggan Anda. Pada
Sportdeca, kami menggunakan telepon kabel, telepon seluler, email, social
media, whatsapp, LINE dan BBM untuk berkomunikasi dengan pelanggan kami. Pastikan
Anda menjawab pertanyaan dari pelanggan secepat mungkin. Ada tools seperti
Zendesk atau Bornevia yang dapat mempermudah Anda.Customer service yang baik
berarti Anda memperhatikan setiap detil pada keseluruhan pengalaman belanja
pelanggan. Pada bisnis online, proses dimulai sejak pelanggan meng-klik website
Anda hingga mereka menerima produknya dan menggunakannya sehari-hari. Seluruh
aktivitas didalamnya sangat penting, pastikan Anda mempunyai matriks untuk
mengukur setiap aktivitas tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar