Kamis, 03 Mei 2018

E-COMMERCE


SOAL DAN JAWAB
BAB 2
E-BUSINESS

1.      Sebutkan pengertian perbedaan dan persamaan serta contoh dari E-COMMERS, E-BUSINESS, M-COMMERCE.
Jawab :
·         E-commerce adalah kegiatan membeli atau menjual produk dan layanan online atau melalui internet. Perdagangan elektronik menggunakan teknologi seperti perdagangan seluler , transfer dana elektronik , manajemen rantai pasokan , pemasaran Internet , pemrosesan transaksi online , pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan , dan sistem pengumpulan data otomatis 
·         E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
·         M-Commerce (Mobile-CommercemCommerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti: telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain lain.

2.      Sebutkan 7 elemen pada E-BUSINESS beserta peranannya.
Jawab :
·         Fokus.
Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
·         Banner berupa teks,
Karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
·         Ciptakan 2 level afiliasi.
Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
·         Manfaatkan kekuatan e-mail.
E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
·         Menulis artikel.
Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
·         Lakukan e-Marketing.
Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
·         Komunikasi instan.
Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.


3.      Berikan salah satu contoh tindak kejahatan pada transaksi didunia digital serta bagaimana perlindungan hukumnya pada kasus tersebut.
Jawab :
·         Kasus penipuan jual beli online . dengan membeli baju melalui online Biasa tidak memberikan barang yang sesuai pembelian atau tidak memberikannya sama sekali. Yang paling parah tentu saja barang yang sudah dibeli tidak dikirim. Atau bisa saja barangnya dikirim tetapi ternyata rusak, tidak sesuai spesifikasi, barang palsu, dan lain-lain.
·         Hukumnya yaitu :
pidana untuk kasus penipuan yang terjadi oleh transaksi online telah diatur oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan (UU No 7 2014




Bab 3
SEARCH ENGINE OTIMITIZATION (SEO)

1.      Jelaskan pengertian search engine serta berikan 3 contoh search engine
Jawab :                   
·         Search Engine adalah suatu program komputer yang dibangun dengan rancangan khusus untuk melakukan pencarian pada berkas-berkas yang tersimpan pada layanan www, ftp, milis, dan group.
·         contoh search engine yaitu :
Ø  Google (google.com)
Ø  Bing (bing.com)
Ø  Yahoo (yahoo.com)

2.      Jelaskan 7 elemen utama dalam meraih sukses search engine optimization
Jawab :
·         Content
 Content merupakan elemen terpenting. Mengapa demikian? karena tolak ukur baik buruknya suatu website tergantung kontennya. Jika konten menarik dan berbobot, maka secara tidak langsung akan banyak orang yang membuka website tersebut untuk dijadikan referensi maupun untuk pembelajaran.
·         Design
 Design merupakan elemen kedua, dikarenakan saat seseorang membuka website design adalah kesan utama yang akan dilihat oleh mata para pengguna, sekaligus memberikan sugesti pada pemikiran mereka bahwa isi dari website ini akan semenarik designnya.
·         HTML
 HTML atau dalam bahasa panjangnya Hyper Text Mark up Language merupakan bahasa markup yang digunakan dalam membuat website. HTML juga merupakan struktur utama pembentuk website dimana jika anda ingin mengupload, foto,video, maupun tabel harus menggunakan bahasa dasar HTML.
·         Key Word
 Key Word atau disebut juga kata kunci adalah elemen yang tak kalah penting. Hal ini dikarenakan saat user melakukan searching dengan menggunakan search engine, mereka akan menggunakan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih kata kunci. Gunakan kata kata yang bervariasi dan sering dipakai agar lebih sering muncul saat user lain melakukan pencarian.
·         Back Links
Peran Backlink disini tidak dapat diremehkan, backlink dari segi SEO jelas sangat terlihat efeknya. memiliki peranan yang besar, backlink menjadi nilai mahal dalam SEO. Google juga mengatakan, bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebua situs website mau pun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Apa lagi, jenis backlink tersebut adalah jenis-jenis backlink yang di rekomendasikan oleh google sendiri yang baik untuk Search engine. Tapi perlu diingat bahwa ada pedoman khusus bagaimana Backlink yang baik dalam SEO.
·         Strategy
Tidak bisa dipungkiri lagi jika semua hal didunia ini membutuhkan strategi dan rencana. Begitu pula dalam meraih sukses SEO ini. Kita harus memiliki strategi untuk bukan hanya meraih SEO, namun juga mempertahankan kesuksesan website kita. Strategi disini dimaksudkan bagaimana kita tidak kalah dalam persaingan dengan website website lain. Misalnya dengan menyesuaikan tema dengan konten yang akan dibahas dan memikirkan pula untuk kemungkinan siapa saja yang akan membacanya. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dalam keseluruhan kontennya, meng-update website sesering mungkin, dan lain sebagainya.
·         Marketing
Marketing yang dimaksudkan disini adalah sehubungan dengan iklan yang dipasang pada website. Terkadang, jika website kita sudah berada di beberapa daftar teratas, maka akan ada pihak pihak yang menawarkan kerja sama dalam bidang periklanan (untuk mengiklankan layanan, barang, dan lain sebagainya) kita diminta untuk memasang iklan pada website kita dan mereka akan membayar untuk itu baik dengan sistem pay per click, pay per month, dan sebagainya.

3.      Jelaskan 4 hal yang perlu diketahui mengenai SEO dan E-COMMERCE
Jawab :
·         Merchandising
Merchandising adalah dasar dari bisnis retail apapun. Mencari sumber produk, negosiasi margin, mengelola stok, menjaga hubungan baik dengan supplier dan menyusun produk di website adalah pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan merchandising.
·         Production
Setelah produk tersedia di gudang Anda, tantangan selanjutnya adalah menampilkan produk-produk tersebut di website. Production team biasanya menangani digital imaging, menulis konten, dan mengkategorikan produk. Kedengarannya simple, namun percayalah, banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan.Pada proses production, tujuannya adalah untuk membuat produk Anda agar terlihat menarik di website. Anda harus menentukan bagaimana Anda akan menampilkan produknya. Menentukan cara imaging dan menulis konten sangat penting. Setelah itu, Anda perlu membuat sebuah sistem utnuk mengorganisir peluncuran prouk Anda. Hal yang tidak diharapkan untuk terjadi adalah mempunyai terlalu banyak produk dan menyebabkan production team kesulitan menanganinya.
·         Marketing
Ini adalah jembatan antara website dan pelanggan potensial Anda. Tantangan yang paling pertama adalah bagaimana membuat orang-orang tahu tentang perusahaan Anda. Habiskanlah bulan-bulan pertama Anda untuk mendapatkan sebanyak mungkin traffic. Jangan terlalu memikirkan tingkat konversi ketika Anda masih pada tahap awal. Tingkat konversi dapat diukur ketika Anda telah mempunyai jumlah traffic yang besar.
·         Customer Service
Anda perlu memperhatikan bagaimana cara Anda memperlakukan pelanggan Anda. Sebagai bisnis online, sangat penting untuk membuka sebanyak mungkin saluran komunikasi dengan pelanggan Anda. Pada Sportdeca, kami menggunakan telepon kabel, telepon seluler, email, social media, whatsapp, LINE dan BBM untuk berkomunikasi dengan pelanggan kami. Pastikan Anda menjawab pertanyaan dari pelanggan secepat mungkin. Ada tools seperti Zendesk atau Bornevia yang dapat mempermudah Anda.Customer service yang baik berarti Anda memperhatikan setiap detil pada keseluruhan pengalaman belanja pelanggan. Pada bisnis online, proses dimulai sejak pelanggan meng-klik website Anda hingga mereka menerima produknya dan menggunakannya sehari-hari. Seluruh aktivitas didalamnya sangat penting, pastikan Anda mempunyai matriks untuk mengukur setiap aktivitas tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMPAT WISATA SIVALENTA

MENIKMATI ALAM BUKAN BERARTI MENGOTORI ALAM